• Hub : 0812 1313 1361

Administrator | Kamis, 16 Maret 2017 01:28:42 WIB
Desain Interior

Bingung ketika ingin mencari oleh-oleh khas Tegal? Yuk silahkan lihat daftar oleh-oleh berikut:
1. Poci Tanah Liat

Poci tanah liat merupakan salah satu oleh-oleh yang banyak dicari. Selain bentuknya khas, poci ini juga berguna ketika kita ingin menikmati teh ala Tegal.

Poci tanah liat ini, bisa terdiri dari poci itu sendiri atau satu set beserta cangir dan nampanya. Yang kesemuannya dibuat dari tanah liat.

Poci ini banyak dijumpai di supermarket-supermarket di wilayah Slawi – Tegal. Terutama di MC (Mutiara Cahaya) Slawi.

Selain itu, banyak juga yang mencari poci bekas pakai. Kenapa? karena poci tersebut biasanya lebih nikmat karena ada kerak teh yang membuat rasa teh menjadi lebih mantap.

2. Kerupuk Antor
Ingin mencoba sensasi Kerupuk yang dibuat menggunaan pasir dalam pengolahannya? Coba saja Kerupuk Antor.

Rasa kerupuk antor itu kebanyakn adalah rasa bawang. Menurut penduduk sekitar, kerupuk antor yang nikmat itu kerupuk antor “badeg”. Maksudnya adalah kerupuk antor yang warnanya pekat karena bumbunya.

Kerupuk ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional seperti Pasar Banjaran, Pasar Trayeman, dan lain-lain.

Detail tentang kerupuk antor bisa dibaca di sini.

3. Kacang Bogares
 
Kacang bogares juga tak kalah pamor diantara sederet oleh-oleh khas Tegal. Kacang Bogares bisa ditemukan di daerah Bogares, Kecamatan Pangkah. Rata-rata penduduk sekitar memang kebanyakan membuat dan menjual kacang tersebut.

Kacang Bogares hampir sama dengan kacang pada umumnya. Namun dengan tambahan bumbu dan teknik yang khas, membuat kacang ini mempunyai cita rasa yang khas.

Kacang ini juga bisa ditemukan di warung-warung atau pasar tradisional terdekat.
4. Latopia/ Latopnya

Latopia atau laktopia atau latopnya, salah satu kuliner khas Tegal. Bakpia khas Tegal ini tampilannya hampir sama dengan bakpia dari kota lain, dari Jogja umpamanya. Namun yang membedakannya adalah pianya lebih padat, lebih renyah,  dan lebih gurih. Untuk ukurannya pun lebih besar.

Untuk masalah isinya, hampir sama dengan pia yang lain. Seperti isi kacang hijau, keju, buah, durian, bawang, gula aren, dan lain-lain. Namun latopia Tegal isi kacang hijau lebih banyak dicari.

Kulitnya, dibuat menggunakan adonan tepung terigu dengan tambahan beberapa bahan lainnya.

5. Pilus

Makanan yang dibuat dengan menggunakan tepung terigu, tepung kanji, daun kocai, dan bumbu tambahan lainnya, membuat jajanan yang satu ini sangat nikmat. Terlebih lagi dicampur dengan kuah bakso yang hangat. hmm, yummy…

Yang membedakan pilus Tegal dengan yang lainnya adalah dari warna dan rasanya. Warnanya putih agak kecoklatan.

Pilus khas Tegal ini bisa ditemukan di pasar tradisional atau warung-warung terdekat.

6. Tahu Aci
 Tahu ini dipotong jadi dua dan di beri aci,rasanya sangat gurih dan susah dicari dimanapun selain di tegal dan Brebes. Saya pernah mendapati tahu ini jauh dari tegal yaitu didaearah Rumaha makan PO. Dewi Sri. ini udah masuk ke daerah Ciasem. Kalau oleh-oleh ini saya recomended banget deh.

Namu sayangnya oleh-oleh ini hanya bisa makan ditempat. Karena kalau udah dingin kurang Enak. Cuman sekarang sepertinya ada yang kemasan mentah sehingga bisa digoreng dirumah pas sudah sampai tujuan anda.

Itu ulasan oleh-oleh tegal yang saya tahu, walaupun masih banyak oleh=oleh yang lain yang tidak kalah nikmat.

Berlangganan Info Terbaru

Newsletter

Daftarkan email anda untuk mendapatkan info terbaru dari kami.